Tuesday 24 December 2013

Karimunjawa

Tahun ini yang paling mengena dari beberapa event adventure adalah ke pulau antah berantah di seberang tanah Jepara. Pulau yang dikenal dengan nama Karimunjawa. Tepatnya 21 April 2013. By the way, itu hari Kartini ya.. Dan aku berdua Nur bener-bener jadi backpacker. Naik bis dari Karangjati sampai terminal Jepara, naik becak dari terminal Jepara sampai Pelabuhan Kartini sebelum akhirnya berlayar sampai pelabuhan Karimunjawa.

Pelabuhan Karimunjawa


Ya, Karimunjawa. Seperti mimpi bisa menginjakkan kaki di pulau itu. Pulau yang aman dan nyaman dengan segudang keindahan panorama. Disana kami menginap di home stay Gemilang. Tempat pertama yang kami datangi adalah bukit Jaka Tua. Dibukit itu kami melihat fosil ikan lele raksana. Sayangnya kami tidak berani mengambil foto fosil itu. Bentuknya agak-agak seram.
Yang pasti dibukit itu kami melihat sunset terindah yang bisa kami lihat sepanjang perjalanan kami. Sunset di Karimunjawa dengan kesempurnaan siluet yang membentang di lautan.

Sunset

Siluet
Foto bareng 1 tim perjalanan
Malamnya kami berjalan-jalan disekitar home stay tempat kami menginap. Satu hal yang membuat saya kagum adalah, semua sepeda motor disana diparkir didepan rumah tanpa diambil kuncinya, apalagi dikuncinya. Menurut guide kami, sama sekali tidak ada kasus pencurian disana. Kalaupun sepeda motor itu hilang, pasti karena ada yang pinjam dan nantinya akan kembali sendiri. Wouw, saya membayangkan kalau di Karangjati, tidak ada 1 menit motor pasti raib. Soal makanan, tidak perlu diragukan lagu, apalagi bagi penggemar seafood. Kecuali saudara seperjuangan saya, ini menjadi dilema berat karena dia alergi seafood.

Sarapan di area home stay
Pohon beringin raksasa di alun-alun Karimunjawa
Kapal-kapal kecil yang biasa dipakai keliling pulau
Paginya, trip kami adalah ke dua pulau, yaitu pulau Menjangan Kecil dan Pulau Menjangan Besar. Pulau Menjangan Kecil identik dengan penangkaran ikan hiu. Dan kami pun dengan sok berani masuk ke kolam hiu. Sedang pulau Menjangan Besar sangat identik dengan keindahan taman bawah lautnya. Kami benerang dan snorkling sampai jam 12 siang. Lebih tepatnya, sampai kami gosong song. 
Meskipun hanya 2 hari 1 malam, namun senang rasanya dan bersyukur sekali dengan semua yang kami lihat dan kami temui di pulau itu.

Deretan kapal di pulau Menjangan Besar
Hiu
Terumbu Karang
Ikan hias diantara terumbu karang
Snorkling
Terumbu Karang
Pantai yang identik dengan pasir putih

2 comments: