Monday 21 July 2008

Gempa

Sejak gempa yang melanda Jogja 2 tahun silam, disini jadi sering terjadi gempa. Meski hanya gempa2 kecil tapi hampir tiap bulan pasti ada. Biasanya pusatnya di laut. Jadi kalau kita di darat memang nggak begitu terasa. Tapi gempa yang terjadi kemarin siang cukup mengagetkan kami.

Gempa yang cukup heboh di bulan ini terjadi 2 kali. Yang pertama pada tanggal 12 Juli lalu. Gempa dengan kekuatan 5,0 skala Richter terjadi sekitar jam setengah 6 sore. Tapi waktu itu aku dan keluargakua nggak ada yang tau atau merasakan adanya gempa. Kami malah tau karena Budeku yang tinggal di Cimahi telpon untuk memastikan kalau keadaan kami baik2 saja. Gempa ini menurut koran yang aku baca (kompas) berpusat di Samudra Hindia dan disebabkan karena terjadi tumbukan antara lempeng Indo-Australia dan Eurasia (Sedikit2 sok Geografi nggak pa2 kan..).

Gempa yang lebih besar terjadi kemarin siang sekitar pukul 13.00 WIB. Waktu itu kami sedang istirahat karena hari Minggu. Tiba2 ada tetanggaku yang teriak2. Akhirnya kami sadar kalau saat itu memang ada gempa. Gempanya terjadi cukup lama. Tapi Alhamdulillah tidak terjadi apa2 disini. Hanya mungkin banyak orang yang kaget. Menurut berita yang kami dengar, gempa ini memang cukup besar yaitu 5,9 skala Richter. Gempa ini pusatnya 135 km Tenggara Wonosari. Sebab dari gempa juga belum jelas. Tapi katanya gempa ini tidak berpotensi menimbulkan Tsunami.

Walaupun begitu tetap saja gempa merupakan kejadian yang menimbulkan trauma bagi kebanyakan orang yang tinggal disini. Bahkan sampai saat ini masih banyak bangunan2 dan rumah2 rusak akibat gempa yang terjadi 2 tahun silam yang masih belum diperbaiki. Mungkin kami memang harus tetap waspada setiap saat untuk sesuatu yang unpredictable seperti ini.

No comments:

Post a Comment